Wednesday, May 24, 2017

EDUCATION: PENTAS SENI DAN DRAMA MUSIKAL SISWA-SISWI PG-TK ASSALAAM DI TRANS STUDIO BANDUNG

 Hari itu, hari rabu, tanggal 17 Mei 2017 bertempat di Trans Studio Bandung (TSB). Pagi-pagi sekali, anak-anak datang ke Trans Studio Bandung dengan mengenakan kostum dan riasan yang serasi. Ada yang menggunakan kostum lengser, kebaya, pramugari, pilot dan lainnya. Lucu dan menggemaskan. Ada apa ya? Sepertinya akan ada penampilan spesial. Iya betul sekali, hari itu adalah hari pelepasan siswa-siswi TK B TK Assalaam Bandung dan juga akan ada pentas seni berupa Drama Musikal “Ibing Ngalalana”. Setelah berkumpul di gerbang Trans Studio Bandung, siswa-siswi, orang tua dan undangan segera melakukan daftar ulang dan masuk ke area TSB dan berfoto per kelas. Anak-anak dan orang tua terlihat antusias dan bahagia ketika sesi berfoto dengan teman satu kelas beserta ibu-ibu guru. Tak lupa satu dua orang tua pun mengabadikan foto anaknya sebelum memasuki gedung Trans City Theater (TCT).
Acara Pentas Seni dan pelepasan siswa-siswi TK Assalaam kali ini menampilkan drama musikal yang diperankan oleh siswa-siswi kelas B dan tampilan tari oleh seluruh siswa-siswi Playgroup, TK A dan TK B. Acara tahunan ini bertujuan untuk memupuk rasa percaya diri, kerjasama dan kreativitas antar siswa dan juga guru. Setelah memasuki gedung TCT, siswa-siswi PG-TK Assalaam berpisah dengan orang tua untuk bersiap-siap di belakang panggung, berganti kostum, memperbaiki riasan dan tampil.
Tibalah waktu yang dinantikan, tepat pukul  9.00 WIB, orangtua dan undangan sudah duduk di kursinya masing-masing. MC membuka acara. Kemudian, salah satu siswa dari kelompok B membacakan ayat suci Al-Qur’an. Para penonton pun khidmat mendengarkannya. Dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Yayasan Assalaam, K.H. Drs. Habib Syarief Muhammad Al-Aydarus, menjelaskan mengenai sejarah TK Assalam dan perkembangannya hingga saat ini. Kemudian dilanjutkan oleh sambutan dari Kepala TK Assalaam Bandung, Ibu Kartika Dewi Puspandani, S.I.P, beliau mengajak orangtua untuk mengapresiasi tampilan anak-anak, berterimakasih atas kerjasama dalam mendidik buah hati dan ucapan selamat jalan kepada siswa-siswi TK B yang akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi yaitu Sekolah Dasar (SD).
Para orang tua dan tamu undangan sudah terlihat antusias untuk menonton tampilan anak-anak. Suara instrumen tari lengser pun terdengar. Satu per satu anak mulai berlarian memenuhi panggung dan penonton takjub dengan suguhan yang ditampilkan. Sepasang perwakilan dari siswa-siswi TK B telah bersiap di depan panggung, beserta ibu Kepala TK Assalaam. Ketika pembacaan puisi perpisahan, setiap penari begitu khusyuk mendengarkan puisi perpisahan tersebut.
Drama musikal dimulai tak lama setelah lengser berakhir, Ibing memasuki panggung dan mulai memainkan perannya dengan percaya diri. Satu persatu kelas pun menampilkan dua tarian, dan berganti pakaian di sela-sela waktu tampil. Drama musikal yang diusung oleh panitia kali ini adalah mengenai “Ibing Ngalalana”, dimana penonton diajak Ibing berkelanan berkeliling dunia, ke India, Cina, Inggris dan Arab. Penonton diajak untuk mengenal tempat dan tarian dari berbagai negara oleh Ibing, yang pada akhirnya, Ibing ternyata hanya bermimpi dan tersadar jika dirinya yang suka berbohong harus segera bertobat. Acara pensi berakhir dan orang tua terlihat bangga menyaksikan anak-anak tampil. Setelah itu, anak-anak dan orang tua menikmati wahana yang ada di Trans Studio Bandung. “Good Job!” seru salah satu orangtua kepada anaknya seraya memeluk sang anak.
Sambutan Ketua Yayasan Assalaam
 Sambutan kepala TK Assalaam Bandung

 Tampilan tari "Cinta Rupiah"
 Adegan Ibing bertemu Pak Mali di Cina
 Tari India
 Tari Barbie Girl


Tari Pokemon

Tari cingcangkeling


Ibing di Mekah

Tari Arab

Ibing di India

Tari Somse


 Tari Cina
Tari Menanam Jagung

Tari Telepon

Lengser


Tari pesawatku

Tari Orang Kaya

Tari Mojang Priyangan
Doc foto : Orang Tua Murid


No comments:

Post a Comment