Senang banyak waktu main... bisa seharian dirumah aja.. mau main sama saudara seumuran, sama adik atau kakak, semuanya terasa sangat menyenangkan pada awalnya..
Namun, setelah itu program belajar dirumah, ujian sekolah dari rumah dan termasuk kegiatan tambahan sepulang sekolah dari rumah.
Masihkah menyenangkan?
Dikondisikan dongā¦
Terlepas dari orangtua yang bekerja dari rumah, sejatinya pendidikan utama untuk anak adalah dari rumah, dengan kedua orangtuanya.. Maka tak sedikit orangtua yang memutuskan mencoba pendekatan pembelajaran baru, salah satunya homeschooling.
Belajar dirumah aja. Apakah artinya sekolah dipindahkan ke rumah ataukah anak-anak mendapatkan pembelajaran sesuai kurikulum yang diajarkan di Sekolah tetapi gurunya adalah kedua orangtuanya?
Untuk sebagian orangtua yang memiliki pengetahuan dan pemahaman praktek pedagogi mungkin bisa menjadi modal mengadakan homeschooling di rumah.. tetapi, orangtua yang berniat melaksanakan homeschooling tetapi tidak memiliki kemampuan pedagogi, bisa mencari alternatif agar anak tetap bisa memperoleh pembelajaran langsung dari sumber belajarnya.
Tinaafandi selalu tertarik dengan pemanfaatan media pembelajaran, karena memiliki banyak manfaat untuk siswa. Seperti hal ya dengan kegiatan Fun science yang diikuti si sulung hari ini.
Jadi selama 3 minggu setiap sabtu, di sulung akan diajak bereksperimen untuk Mengenal binatang melalui kegiatan science sederhana.. waahh menarik yaa..
Yuk simak apa dan seperti apa kegiatannya?
Nah kegiatan diawali dengan persiapan alat bahan Kreasi ubur-ubur dan eksperimennya, tinaafandi dan sekar sudah menyiapkan dari pukul 09:00, karena kegiatan berlangsung jam 10.00 kita akan mulai kegiatan, apa saja yang disiapkan?
- Handuk kecil
- Pita
- Botol plastik bening
- Plastik kresek berbentuk persegi
- Pewarna makanan biru
- Gunting
- Benang
- Gelas
- Air
Nah, setelah zoom dimulai, kakak pemandu pun mulai dengan memutarkan video tentang ubur-ubur, setelah itu anak-anak dipantik untuk menjawab beberapa pertanyaan tentang Fun Fact mengenai ubur-ubur..
Nah, di sesi ini, koneksi internet tinaafandi sedikit terkendala.. sayang sekali. Banyak info yang tidak sampai dengan jelas. Tinaafandi pun berusaha masuk kembali.
Naahh.. setelah itu, ada kreasi handuk membuat ubur-ubur.. lucu sekali..
Lalu kakak pemandu mengajak anak-anak memeriksa kembali alat bahan eksperimennya.. dan memutarkan video tutorial pembuatan eksperimennya..
Nah kendala koneksi kembali hadir.. tinaafandi dan sekar berkegiatan hanya melihat video tutorial.. sayang sekali.
Setelah jadi eksperimennya..
Kemudian, kakak pemandu memberikan 5 pertanyaan ketelitian.. menemukan ikan dikumpulkan kerang, menemukan gambar dibelakang ubur-ubur, menebak bentuk ubur-ubur dan dua pertanyaan hadiah.. adalah bagian tubuh apa yang tidak ada di ubur-ubur, dan kelima, jika ubur-ubur tidak memiliki mata.. lalu bagaimana cara ia melihat..
Woooowwwā¦ sangat menarik ya.. selain sekar eh tinaafandi pun ikut belajar.. nantikan review kegiatan lainnya..
Comments
Post a Comment