Pada acara sharing day dengan guru-guru yang lain, saya berbagi buku yang telah saya baca. Acaranya tidak formal, kesempatan berbicara di depan banyak orang sangat saya tunggu-tunggu, rasanya untuk melakukan ini tidaklah sulit untuk seorang guru, kita biasa berada di depan anak-anak untuk mengajar. Bedanya orang yang kita hadapi adalah rekan kerja. Jujur berhadapan dengan senior di sekolah, lumayan gugup sihh.. cuman kalo ga dicoba mana tau kita memang bisa kok.. terlebih, saya tertarik untuk membuat pelatihan bahasa Inggris buat rekan kerja juga.. saya jadikan sebagai ajang latihan kalau begitu,
Ini dia buku yang sudah saya baca:
Resensi Buku
Judul buku: Guru Malas Guru Rajin, Ramuan ajaib untuk
menjadi guru yang menyenangkan
Penulis : Drs. Sukadi
Penerbit : MQS Publishing, Bandung
Tahun terbit : 2010
Guru sejati, guru menyenangkan?
Persoalan guru saat ini adalah rendahnya kesejahteraan sementara tugas guru sangat penting.
Hubungan baik adalah dasar pemeblajaran yang
menyenangkan: ramah, disiplin, penyayang, sabar, ikhlas dan sikap positif
lainnya. āguru yang menyenangkan tidak dilahirkan, tetapi dibina dan dibentuk. Siapakah guru yang menyenangkan itu?
1.
Memberikan kesenangan dan kepuasan belajar
2.
Ditopang kepribadian dan kompetensi
Menurut Dale Carnegie, beberapa langkah membina hubungan baik dengan siswa:
1.
Hindari kebiasaan SOK (salahkan, omeli dan
kritik)
2.
Memberikan penghargaan yang jujur dan tulus
3.
Mendorong minat siswa untuk berhasil
4.
Memberikan perhatian yng sungguh-sungguh
5.
Membiasakan tersenyum
6.
Memanggil siswa dengan namanya
7.
Menjadi pendengar yang baik
8.
Berbicara sesuai dengan minat lawan bicara
(siswa)
9.
Membuat lawan bicara (siswa) merasa penting
Pribadi guru yang menyenangkan
- 1. Proaktif : inisiatif dalam setiap situasi yang dihadapi
- 2. Cerdas : orang serdas pasti pintar. Selain menguasai ilmu, mampu juga menggunakan ilmunya untuk menolong dirinya dalam setiap situasi.
- 3. Empati: partisipasi emosional dan intelektual secara imajinatif pada pengalaman orang lain
- 4. Bijaksana: menggunakan akal pikiran dan pengalamannya
- 5. Kreatif dan inovatif: mampu menciptakan atau mencetuskan sesuatu yang unik dan baru.
- 6. Selalu belajar: agatr pikirannya tajam
- 7. Humoris: supaya tidak membosankan.
- 8. Bersahabat: jaim (jaga image) tetap berwibawa.
- 9. Mengetahui kebutuhan siswa: dapat mengendalikan siswa
- 10. Bersikap adil: distributif (prestasi), komutatif (sama rata), konvensional (penguasa) dan keadilan kodrat alam
- 11. Sederhana: tidak berlebih-lebihan dalam penampilan, bahasa yang bersahaja, mampu menyederhanakan konsep. 3S (seperlunya, semestinya, sewajarnya)
- 12. Komunikatif: mampu menggunakan kata-kata yang menguatkan rasa percaya diri, harga diri dan kehormatan lawan bicara.
- 13. Sabar menghadapi ujian dan cobaan
- 14. Rendah hati: sikap tidak mengagung-agungkan diri
- 15. Penyayang: memperlakukan siswa dengan arif, bijak dan sesuai dengan kebutuhan mereka
- 16. Tegas dalam menegakan aturan-aturan secara konsisten dan penuh dengan komitmen
- 17. Mengayomi dalam menghadapi karakter siswa yang bermacam-macam
- 18. Berdisiplin: mengajar tepat waktu, tidak diurangi dan dilebihkan.
- 19. Menghargai siswa, tidak merendahkan siswa.
- 20. Tulus (ikhlas), tidak pamrih (mengharapkan imbalan).
- 21. Berpikir positif, mengambil sisi potitif dari situasi yang terjadi, tidak berburuk sangka.
- 22. Pemaaf, tidak putus asa, tugas kita memperbaiki sikap siswa.
- 23. Demokratis, melibatkan siswa dalam proses pemelajaran.
- 24. Familiar, kekeluargaan dalam menyelesaikan masalah
Sikap dan perilaku guru yang merusak mentalitas siswa
- 1. Reaktif
- 2. Suka mencela siswa
- 3. Tidak adil
- 4. Emosional
- 5. Malas belajar
- 6. Mudah berputus asa
- 7. Tidak peduli (masa bodoh) kepada siswa
- 8. Sering meninggalkan kelas
- 9. Berperilaku buruk
- 10. Tinggi hati
- 11. Otoriter
- 12. Pendendam
- 13. Tidak teliti
- 14. Berpikiran negatif
- 15. Tidak konsisten
Seni mengolah kelas
- 1. Membuat dan menegakan aturan: buat di awal tahun pelajaran, negosiasi, buat tertulis, Tk menghukum, konsisten
- 2. Menertibkan suasana kelas
- 3. Memberikan reward dan reinforcement
- 4. Variatif dalam menggunakan metode dan media pembelajaran
- 5. Keterampilan bertanya
- 6. Mengenali nama siswa
- 7. Mengembangkan humor
- 8. Mengendalikan siswa agar tetap belajar
- 9. Apersepsi dan closure
- 10. Berpenampilan menarik
- 11. Mengagendakan hasil belajar siswa
bentuk slide tidak bisa diupload, jadi saya copas saja ya,, semoga bermanfaat!
Buku yang mencerahkan apalagi saya sendiri juga seorang guru. Alhamdulillah dapet bukunya jadi bisa memperdalam tekniknya, makasih ulasannya.
ReplyDeleteSama-sama..
Delete