Skip to main content

Parenting: Literacy for Kids #4


Ayo siapa di sini moms, yang setiap bulannya, mesti mampir dulu toko buku?

Atau mungkin scrolling IG toko buku online?

Kemudian ngeceng beberapa judul yang ingin dibeli dan masuk ke wishlistnya mommy?

Yupp.. Sama.

Bahkan mom.. Membawa anak ke toko buku, untuk memperkenalkan anak dengan banyak bentuk bacaan, manfaat membaca dan juga kegemaran akan buku or simply bacaan, adalah kiat-kiat menumbuhkan literacy for kids..


Nah, kali ini.. Tinaafandi mengajak mommies untuk memantik keterampilan menulis si kecil, duh.. Susah ya?

Oke.. Sebagai ibu dan juga pendidik PAUD, tinaafandi percaya, anak sebelum masuk SD tidak harus sudah bisa baca, tulis dan hitung. Betul. Secara teori, iya. Namun mom, tidak ada salahnya kita berikan stimulasi lebih untuk kesiapan anak-anak memasuki gerbang sekolah dasar di rumah, seperti review pengenalan simbol angka, huruf dan membaca per suku kata. Kuncinya, mesti fun dan ramah otak anak yaaa moms..

Nah, keterampilan menulis itu, memang salah satu indikator ketercapaian anak memahami materi pelajaran.. Okay.. Ketika tak sengaja menemukan buku "penulisan kreatif untuk anak (kiat dahsyat bagi orang tua dan guru memandu anak menulis)" dari penulis Naning Pranoto, dengan harga 5K aja… ini dia, review singkatnya..

Tips menulis kreatif anak
Bukan karena bakat
Dengan melatih anak menulis, terlebih dahulu yuk lihat penggunaan bahasa.

Di lingkungan anak baik secara internal (rumah), eksternal (lingkungan rumah) dan pendidikan formal (sekolah) seperti apa? Karena ketiganya merupakan jalur komunikasi yang akan mempengaruhi kosakata, keterampilan berkomunikasi, pengenalan lingkungan alam dan masyarakat, mengasah Emotonal Quotient (EQ) atau kepekaan emosi dan juga untuk belajar berinteraksi agar bisa berpikir logis dan kritis. Penting ya moms…. Gimana nih caranya?

Koleksi kosakata yuk!, mulai dari pancaindra anak, ajak anak bertanya jawab mengenai fungsi-fungsinya dan bagian-bagian tubuh, ajak anak menggambar dan menuliskan kata-katanya.

Kedua dilanjutkan mengenal anggota keluarga. Yuk buat pohon keluarga. Kemudian tuliskan nama seluruh anggota keluarga.

Ketiga, ajak anak menuliskan nama-nama sahabat, binatang kesayangan, nama-nama kota. Berikan sentuhan kreasi dengan kertas warna-warni.

Nah… Masih penasaran dengan langkah-langkah berikutnya moms? Nantikan ya moms..

Meanwhile, share yu… Pengalaman bunda mengajarkan anak menulis!

Comments

Popular posts from this blog

Education: Perbanding S1 PG PAUD Kelas Karyawan di Bandung

It’s time to learn more abilities! Setelah lima tahun memutuskan untuk  berkecimpung di dunia anak usia dini, akhirnya saya harus kembali ke kampus. Menimba ilmu Pendidikan Guru Anak Usia Dini. Bulan Pebruari ini, saya melakukan kunjungan ke dua kampus dekat sekolah yang menyediakan kelas karyawan PG PAUD. Karena sebelumnya saya sudah menempuh strata 1 di FPBS (Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni), yaitu Pendidikan Bahasa Prancis, sekarang saya akan masuk ke FIP (Fakkultas Ilmu Pendidikan), mengambil Pendidikan Guru PAUD.
Ada dua kampus yang saya datangi, satu yaitu UNINUS atau Universitas Islam Nusantara yang berada di Jalan Soekarno-Hatta no 530. Dari sekolah ke kampus, sekitar 30 menit. Dekat Carrefour Samsat. Itu loh, perempatan yang lampu merahnya lumayan lama. Jika dari arah sekolah menuju kampus, enaknya belok kanan menuju pasar kordon dan melewati jalan belakang kampus. Jika terus lurus harus berbelok dengan resiko melewat lajur jalan tengah yang mobil/motornya ngebut.  Kampu…

EDUCATION: PENTAS SENI DAN DRAMA MUSIKAL SISWA-SISWI PG-TK ASSALAAM DI TRANS STUDIO BANDUNG

Hari itu, hari rabu, tanggal 17 Mei 2017 bertempat di Trans Studio Bandung (TSB). Pagi-pagi sekali, anak-anak datang ke Trans Studio Bandung dengan mengenakan kostum dan riasan yang serasi. Ada yang menggunakan kostum lengser, kebaya, pramugari, pilot dan lainnya. Lucu dan menggemaskan. Ada apa ya? Sepertinya akan ada penampilan spesial. Iya betul sekali, hari itu adalah hari pelepasan siswa-siswi TK B TK Assalaam Bandung dan juga akan ada pentas seni berupa Drama Musikal “Ibing Ngalalana”. Setelah berkumpul di gerbang Trans Studio Bandung, siswa-siswi, orang tua dan undangan segera melakukan daftar ulang dan masuk ke area TSB dan berfoto per kelas. Anak-anak dan orang tua terlihat antusias dan bahagia ketika sesi berfoto dengan teman satu kelas beserta ibu-ibu guru. Tak lupa satu dua orang tua pun mengabadikan foto anaknya sebelum memasuki gedung Trans City Theater (TCT). Acara Pentas Seni dan pelepasan siswa-siswi TK Assalaam kali ini menampilkan drama musikal yang diperankan oleh si…

Resensi buku: Guru Rajin, Guru Malas

Pada acara sharing day dengan guru-guru yang lain, saya berbagi buku yang telah saya baca. Acaranya tidak formal, kesempatan berbicara di depan banyak orang sangat saya tunggu-tunggu, rasanya untuk melakukan ini tidaklah sulit untuk seorang guru, kita biasa berada di depan anak-anak untuk mengajar. Bedanya orang yang kita hadapi adalah rekan kerja. Jujur berhadapan dengan senior di sekolah, lumayan gugup sihh.. cuman kalo ga dicoba mana tau kita memang bisa kok.. terlebih, saya tertarik untuk membuat pelatihan bahasa Inggris buat rekan kerja juga.. saya jadikan sebagai ajang latihan kalau begitu,
Ini dia buku yang sudah saya baca: Resensi Buku
Judul buku: Guru Malas Guru Rajin, Ramuan ajaib untuk menjadi guru yang menyenangkan
Penulis : Drs. Sukadi
Penerbit : MQS Publishing, Bandung
Tahun terbit : 2010
Guru sejati, guru menyenangkan?Persoalan guru saat ini adalah rendahnya kesejahteraan sementara tugas guru sangat penting.  Hubungan baik adalah dasar pemeblajaran yang menyenangkan: ramah,…